Mencoba untuk menginformasikan seputar ilmu pengetahuan dan teknologi

Negara Kepulauan di Asia Tenggara Yang Seharusnya Kamu Ketahui

Pada Kesempatan kali ini kami ini ingin menyampaikan informasi mengenai negara kepulauan di Asia Tenggara yang sudah seharusnya untuk kita ketahui bersama.

Tentunya kita mengtahui dengan pasti bahwa kita adalah bagian dari negara Indonesia, dan Indonesia adalah bagian dari Asia Tenggara. Jadi, sudah barang tentu kita sebaiknya mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan Asia Tenggara termasuk didalamnya adalah mengenai negara-negara kepulauan yang ada diwilayah tersebut. So, langsung saja kita simak informasinya yang berikut ini:

Negara Kepulauan di Asia Tengara
Sumber Gambar dari Situs Flickr

Profil Asia Tenggara

Kami akan sedikit menginformasikan mengenai kawasan Asia Tenggara atau yang lebih kita kenal dengan sebutan ASEAN (Sebenarnya penyebutan ini tidak terlalu tepat karena ASEAN adalah sebuah organisasi, bukan sebuah phrase wilayah).

Asia Tenggara merupakan salah satu wilayah dari Benua Asia, sama seperti wilayah-wilayah lainnya semisal Asia Timur, Asia Utara, Asia Selatan dan juga Asia Barat. Asia Tenggara ini memiliki populasi yang cukup padat yaitu sekitar 618 juta jiwa yang mendiami wilayah seluas 4,5 juta kilometer persegi.

Jumlah negara yang berada di kawasan Asia Tenggara ada 10 atau sama dengan jumlah negara yang menjadi anggota ASEAN (atau 11 jika Timor Leste termasuk di dalamnya). Dari negara-negara yang berada di wilayah Asia Tenggara beberapa negara diantaranya adalah negara kepulauan. Dan untuk mengetahui negara ASEAN mana saja yang termasuk negara kepulauan, kamu harus terus menyimak ulasannya yang berikut ini hingga selesai. So, lets check this out.

Inilah Negara Kepulauan di Asia Tenggara

  1. Indonesia
  2. Filipina
  3. Malaysia
Ya, tiga negara tersebut merupakan negara-negara di wilayah Asia Tenggara yang berbentuk kepulauan. Kita bisa melihat dengan mudah dari peta bahwa ketiga negara tersebut memiliki banyak pulau baik yang besar maupun yang kecil.

Tapi perlu diketahui juga bahwa negara-negara yang memiliki banyak pulau yang ada di Asia Tenggara bukan hanya tiga saja seperti yang disebutkan di atas. Selain itu ada juga negara Thailand dan Vietnam yang memiliki pulau-pulau kecil yang indah yang banyak dikunjungi para wisatawan  domestik dan mancanegara.

Negara Kepulauan Terbesar di Asia Tenggara

Jika kita berbicara mengenai negara kepulauan terbesar di kawasan Asia Tenggara, maka jawabannya adalah Indonesia. Negara kita tercinta ini memiliki luas wilayah lebih dari 1,9 juta kilometer persegi dengan jumlah pulau mencapai lebih dari 17 ribu pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke baik yang besar atau kecil.

Sebutkan Dua Negara Kepulauan di Asia Tenggara?

Jadi kalau ada pertanyaan-pertanyaan seperti yang disebutkan di atas atau semisal dengan pertanyaan tersebut, kamu bisa menjawabnya kan?

Nah mungkun cukup sampai disini tulisan kami mengenai nama-nama negara di wilayah Asia Tenggara yang termasuk ke dalam negara kepulauan. Tentunya hal ini baik untuk kita ketahui sebagai tambahan ilmu pengetahuan bagi kita mengenai Asia Tenggara. Semoga tulisan kami kali ini bisa memberikan manfaat kepada kalian semua para pembaca yang budiman. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa lagi pada tulisan kami berikutnya.

0 comments: